29 Mei 2010

MASSA PENDEMO TUNTUT PEMILUKADA ULANG

Ratusan warga Anambas pada Jum'at 28 Mei kemarin menggelar demonstrasi di kantor Panwaslu dan KPUD Kabupaten Kepulauan Anambas, mereka menuntut diselenggarakannya Pemilukada ulang di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Massa yang dominasi oleh warga dari Kecamatan Palmatak itu, menuntut agar dilakukan Pemilukada ulang, karena terjadinya sejumlah pelanggaran seperti penyalahgunaan kartu suara dan money politic. Selain itu massa juga menuntut agar Panwaslu segera mengusut dugaan kasus-kasus pelanggaran yang sudah dilaporkan.

Uniknya, saat itu juga Panwaslu langsung menyatakan dukungan Pemilukada diulang, yang dikeluarkan dalam surat pernyataan yang ditandatangani oleh Ketua dan Anggota Panwaslu Anambas. Sementara soal kasus dugaan pelanggaran Pilkada, Panwaslu menjanjikan akan segera diserahkan ke polisi, minimal sebelum pukul 00.00 WIB, tadi malam.

Selain mendemo kantor Panwaslu, massa juga mendemo KPUD Kabupaten Kepulauan Anambas, dan mendesak agar KPUD menyetujui dilangsungkannya Pemilukada ulang.

Meskipun belum ada pengumuman resmi dari KPUD tentang hasil Pemilukada Anambas, namun dari input data internal yang dilakukan oleh beberapa tim sukses kandidat menunjukkan bahwa pasangan Tengku Mukhtaruddin-Abdul Haris meraih suara tertinggi dengan perolehan suara lebih dari tiga puluh persen. Pasangan Tengku Mukhtaruddin-Abdul Haris mendapat dukungan mutlak terutama di kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur, serta beberapa kawasan hinterland. Sedangkan perolehan suara terbanyak kedua diraih pasangan Wan Zuhendra dan Irwan Djamaluddin, dukungan terbanyak adalah dari warga yang berdomisili di ibukota.

Sedang pasangan Herdi Usman-Noor Setiawan yang ketika dilakukan pemantauan saat penghitungan suara di TPS-TPS dalam kota Tarempa tampak bersaing ketat dengan pasangan Wan-Irwan hanya berhasil menempati posisi ketiga. Sedang pasangan Ibnu Maja-Nur Adnan Nala dan pasangan Prof. Zen-Syamsuki Syukur jauh berada dibawah ketiga pasangan itu.

1 komentar:

  1. baca juga, sumpah air surat yasin disini.

    http://anambasku.wordpress.com/2010/12/30/penerimaan-test-cpns-anambas-diwarnai-demo/

    BalasHapus