08 Juni 2009

"RAJA" NATUNA JADI TERSANGKA

Penguasa nomor wahid di kabupaten Natuna akhirnya ditetapkan sebagai tersangka. Daeng Rusnadi ditetapkan oleh KPK sebagai tersangka pada Jum'at 5 Juni kemarin. Daeng diduga melakukan korupsi terhadap APBD Natuna tahun 2004 khususnya dari pos DBH Migas sehingga menyebabkan kerugian negara mencapai Rp 72 Milyar Rupiah. Sebelumnya Mantan Bupati Natuna Hamid Rizal juga telah ditetapkan sebagai tersangka untuk kasus yang sama. Penetapan Daeng sebagai tersangka merupakan sebuah ikhtiar yang amat istimewa dalam rangka pemberantasan korupsi di negeri laut sakti rantau bertuah itu.

Disebut istimewa karena selama ini masyarakat Natuna telah menanti-nanti gebrakan dari para penegak hukum di negeri ini. Maklum Daeng yang dikenal juga menyandang banyak gelar akademik itu diperkirakan memiliki harta kekayaan yang melimpah ruah dan sering menggunakan kekuasaannya untuk membungkam pihak-pihak yang kritis terhadapnya. Sehingga kerap timbul dugaan bahwa isu korupsi Daeng yang selama ini beredar hanya akan menjadi isapan jempol belaka.

Penangkapan Daeng sebenarnya sudah sejak lama dinantikan masyarakat khususnya mereka yang jenuh melihat realitas penyimpangan di kabupaten Natuna yang sungguh vulgar. Sudah menjadi rahasia umum kalau selama ini para pejabat Natuna meski baru 2-3 tahun menjabat namun hidup bak borjuis, rumah bertingkat, mobil mewah, dan gaya hidup hedonis kerap dipertontonkan pada mayoritas masyarakat yang sebenarnya secara ekonomi sangat lemah (menghindari untuk mengatakan amat miskin). Bahkan Daeng dikabarkan memiliki pulau "pribadi" lengkap dengan villa dan segala fasilitasnya.

Daeng yang juga mantan guru agama itu kerap pula membagi-bagikan uang kepada masyarakat. Tak ayal setiap hari ada saja yang mengantri di kantornya, apalagi kalau bukan untuk meminta uang. Kondisi ini oleh sebagian kalangan dianggap sebagai suatu tindak pembodohan bagi masyarakat, karena membuat mereka menjadi tidak produktif dan peminta-minta. Namun Daeng sepertinya cukup senang diperlakukan demikian, hidup bak raja yang kaya nan pemurah.

Dengan ditetapkannya penguasa Natuna itu sebagai tersangka korupsi diharapkan menjadi titik balik bagi pembenahan penyelenggaraan pemerintahan di kabupaten Natuna agar sesuai dengan prinsip-prinsip Good Governance yang selama ini dinafikan Daeng. Natuna sebenarnya adalah kabupaten yang kaya, selain memiliki SDA Migas, Natuna juga potensial dijadikan sebagai daerah tujuan wisata. Disamping itu letaknya yang strategis sangat mungkin mengantarkan daerah ini sebagai salah satu pusat pertumbuhan dan pertahanan. Tetapi karena selama ini dipimpin oleh mereka yang miskin inovasi, alhasil Natuna tetap dalam status quo.

Semoga saja kasus korupsi yang diungkap tidak hanya semasa Daeng menjabat sebagai ketua DPRD saja, tetapi juga dapat diteruskan pada kasus-kasus lain terutama setelah yang bersangkutan menjabat sebagai Bupati Natuna. Masih banyak kasus-kasus lain yang dicurigai publik sarat dengan KKN seperti kasus proyek pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Ranai, proyek Gerbang Utaraku yang menelan biaya ratusan milyar Rupiah, dan lain sebagainya. Bravo KPK, semoga yang bersangkutan diberikan hukuman setimpal.

16 komentar:

  1. please dech ah !!!
    RAJA itu didaerah kepualauan riau adalah nama yang harus kami jaga dan kami bawa sampai mati,.
    jangan donk disamakan dengan PENGUASA,..

    APakah Daeng itu namanya Raja Daeng Rusnadi seperti yang melekat pada nama Raja Dinda ??????

    BalasHapus
  2. sip,....kapan ke natuna yow, ?

    BalasHapus
  3. itulah fenomena bangsa kite you... korupsi masih sulit untuk diberantas...sedih...

    BalasHapus
  4. Lakse, ada yang tersinggung nih. Tentu saja "raja" yang dimaksud bukan Raja sebagaimana gelar yang dipakai bangsawan Melayu di Kepulauan Riau. Atau Pengertian Raja sebagaimana status pemimpin sebuah negara monarki. Raja disini mempunyai maksud yang berbeda untuk menyindir dan memikat pembaca, oleh karenanya saya tulis dengan menyandangkan tanda petik (".").

    Bongjun, dah lame ni tak pernah kemari, Kalau ade mase n duitnye pasti kesane.

    Rizal, Sulit tapi bukan tak mungkin kan kawan...

    BalasHapus
  5. kita tunggu tanggal mainya bro........

    wisata riau

    BalasHapus
  6. Kayak die photo yg ditampilkan Daeng maseh Lagak aje, saye tekenyi nak liat photo die lah dalam pejare nantek...kalo ade krimkan ye nantek...

    BalasHapus
  7. Maunatapppp....mudah mudahan daeng-daeng yang lainnye menyusul saye yakin daeng tak makan sendiri duit itu pasti anggota2 DPRDnye ikut menikmati Pak KPK tolong unsut sampai akar2nye

    BalasHapus
  8. Wisata Riau, siplah pasti serunya mainnya.

    Anonim, Daeng belagak? dah biase. Nanti kalo ade foto nye yang di Hotel Prodeo pasti kami tampilkan di blog ini.

    Anak Kampong, memang tak makan sendiri, tapi sebagian dah mengembalikan. Dan Daeng Rusnadi agaknye paling rakus.

    BalasHapus
  9. yang mengembalikan itu bukon kerene kesadaran bahwa itu bukan haknye ....... .

    tapi....mereka2 yang sudah mengembalikan itu sudah mulai Demom panas sejuk Angat kalau bahase kite......

    nanti kalau pada anggota DPRD natuna lah masok penjare semue kita bikin Club Bulo kaki

    kite namekah "NATUNA NARAPIDANA FC"

    Susunan pemain
    1 kiper "DAENG RUSNADI"
    2.Center Beck "HAMID RIZAL"
    3.Wing beck "????"
    4.gelandang "??????"
    5.Striker "??????"

    kawan2 ade yang tau kire2 siape yang bagusnye untuk ngisi posisi kosong itu//////

    BalasHapus
  10. Anak Kampong, bkn demom panas sejuk lg, tapi emang lah mendidih, buot mate sampai joleng, he..he..he...
    Club bola kaki, ide bagus tu kawan. Tapi sape ye yang siap jadi manajernye...

    BalasHapus
  11. senang sekali melihat daeng masok penjare

    tapi saye lebih senang kalau die sodo ape yang di lakukah die tok salah dari dolom hati die.

    kenape daeng santai karena duet die agek bonyok, paling di penjare cume berape tahun, lagi pula kamar pejabat di LP biasenye ISTIMEWA.

    kite ketawa sekarang tapi die di dalam lebih ketawa agek karene ape yang kite bayangkan beda dengan yang die rasakan.

    lagi pula saye rase sangsi moral yang di kenakan same pak daeng ndok kah membuat die jerok karena die lah ndok ade moral agek.

    kondisi terjepit die akan menjadi dewa bagi para antek-antek die yang lain, berusaha untuk melindungi antek-antek nye agar setelah die keluar semue antek-antek yang masih mempunyai kedudukan strategis merase berhutang budi padenye, sehingga menguatkan posisi die kalnagan DAENG MANIAAAAAAAAAA...........

    hidup DAENG RUSNADI semoga amal dan ibadahnya di terima di sisi tuhan yang maha esa.

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah akhirnye berkurang satu koruptor di daerah kite, semoga KPK bergerak cepat karena masih banyak PR yang harus diseleseaikan di Natuna dan Anambas agar daerah kite cepat maju dan Daerah yang di amanahkan kepada kite bisa benar benar dipertanggung jawabkan ke pada Allah Subhana wata'allla, Semoga para koruptor yang laen segera bertobat sebelum terlambat.

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah akhirnye berkurang satu koruptor di daerah kite, semoga KPK bergerak cepat karena masih banyak PR yang harus diseleseaikan di Natuna dan Anambas agar daerah kite cepat maju dan Daerah yang di amanahkan kepada kite bisa benar benar dipertanggung jawabkan ke pada Allah Subhanahu wata'allla, Semoga para koruptor yang laen segera bertobat sebelum terlambat.

    BalasHapus
  14. Garis Keras, Saye rase penjare adalah hukuman yang cukup berat bagi Daeng karne diekan selame ni terbiase hidup bergelimang harte dan disanjung2 oleh penjilat2nye. Meski saye berharap Daeng bise dipenjare selame-lamenye, jangan ade remisi. Dan ini adalah pelajaran berharge untuk semua pejabat Natuna yang selame ni serakahnye Na'uzubillah..., kalau Daeng aje bise dipenjare, pejabat-pejabat itu tentu juge bise. Tapi kok komentar awak diakhiri dengan kalimat Hidup Daeng Daeng Rusnadi...???#$&$#>

    Moes, Setuju kawan, bergerak lebih cepat memang lebih baik. Jadi koruptor-koruptor biadab tu tak sempat lari ape lagi sampai menyembunyikan harte curiannye.

    BalasHapus
  15. Paling tidak masyarakat ranai yang selalu minta2 pada daeng, tidak lagi beranggapan bahwa daeng beristri orang "Buunian" yg duitnya datang dari langit.

    BalasHapus
  16. Insya Allah masyarakat Ranai dan Natuna umumnya pasti jadi lebh dewasa dan mandiri, betul ya kawan.

    BalasHapus