13 Juni 2011

BPPT MULAI GARAP RPJPD ANAMBAS

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) tahun ini memulai penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD). Untuk menggarap penyusunan dokumen perencanaan tersebut, Bappeda menggandeng tim ahli dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

RPJPD merupakan dokumen perencanaan jangka panjang daerah yang berisikan visi dan misi daerah untuk kurun waktu dua puluh tahun. Penyusunan dokumen RPJPD merupakan amanat dari UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dan UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Selain berfungsi sebagai kerangka makro pembangunan daerah, RPJPD sekaligus berfungsi sebagai rel yang menjamin kesinambungan pembangunan antar satu priode Kepala Daerah terpilih, dengan priode setelahnya.

Sebagai tahap awal penyusunan Rancangan awal RPJPD, maka pada Jum'at 10 Juni lalu, Bappeda dengan didampingi tim ahli dari BPPT mulai mengadakan focus group discussion (FGD) yang dihadiri sejumlah pimpinan SKPD dan tokoh masyarakat, selain itu juga dilakukan wawancara informal dengan anggota DPRD, serta survey lapangan. Sedang pada tahap berikutnya akan dilaksanakan konsultasi publik yang direncanakan akan diselenggarakan bulan Juli mendatang, sebelum akhrnya nanti rancangan awal RPJPD tersebut kembali disempurnakan melalui mekanisme Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJPD, untuk selanjutnya ditetapkan dengan sebuah Peraturan Daerah.

Kebetulan untuk penyusunan RPJPD Kabupaten Kepulauan Anambas ini saya dipercayakan sebagai Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), untuk itu kepada rekan-rekan sesama warga Anambas baik yang tinggal di Anambas maupun di tanah rantau, dan juga para pengunjung blog yang ingin sumbang saran dan pemikiran tentang visi misi pembangunan Kab.Kep.Anambas 20 tahun kedepan, secara informal dapat menuliskannya pada blog ini. Segala saran dan masukan yang anda sampaikan akan menjadi referensi berharga bagi kami.

Mari bersama kita ejawantahkan mimpi menjadi espektasi, kita bumikan espektasi kedalam visi misi, untuk Kepulauan Anambas yang madani....

8 komentar:

  1. saye bng krang stuju dngon RPJPD di kepulauan anambas,nanti jadi die saleng lepas tnggung jawab,apa lgi di padukan dngan DEMOKRASI,,hancur anambas..seperti rantai sling mengcengkram.mudah2an jngan sampai..amien.

    BalasHapus
  2. Johannes KarundengRabu, 22 Juni, 2011

    Dalam pembangunan Anambas yang kian pesat, perlu diperhatikan hal-hal sbb:
    1. Perlindungan Lingkungan
    a. Terumbu karang. Seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan peningkatan ekonomi, makin banyak terumbu karang yang dibongkar untuk dipakai sebagai bahan bangunan sehingga akan merusak ekosistem yang ada; berkurangnya mahluk laut yang akan berdampak kepada penghasilan para nelayan dan juga daya tarik parawisata bahari Anambas.
    b. Pasir: pasir pantai makin banyak dikeruk untuk juga dipakai sebagai bahan bangunan sehingga juga merusak ekosistem dan terjadi erosi pantai yang jga berdampak bukan saja kepada nelayan dan potensi parawisata, tapi juga ke pertanian.
    c. Hutan: pohon-pohon makin banyak ditebang untuk pembangunan rumah dan pembukaan lahan sehingga dapat mengurangi debit air tawar (sumber air tawar sangat bergantung kepada curah hujan melihat geologi kepulauan Anambas), peningkatan erosi yang dapat membahayakan keselamatan masyarakat dan juga rusaknya ekosistem (serangga, burung, dll.).
    d. Sampah: masalah sampah di Anambas sudah mencapai titik kritis sehingga mempunyai dampak yang sangat signifikan terhadap kesehatan masyarakat, terganggunya ekosistem sehingga mempengaruhi pemasukan/pendapatan masyarakat
    2, Pendidikan
    a. Sistem pendidikan dan kualitas serta jumlah guru perlu ditingkatkan sehingga putra-putri Anambas dapat bersaing dengan putra-putri dari daerah-daerah yang lain untuk masuk ke universitas pilihan dan akhirnya juga dapat bersaing dalam mendapat pekerjaan yang lebih layak ataupun menjadi wiraswasta yang handal.
    b. Infrastruktur: pembangunan sarana pendidikan seperti gedung sekolah, perpustakaan dan laboratorium untuk menunjang kualitas pendidikan yang setara dengan daerah-daerah Indonesia lainnya yang sudah maju.
    c. Pusat-pusat pelatihan keterampilan khusus (montir, perbaikan handphone, dll.) perlu dibangun untuk menciptakan suasana entrepreneurship yang berkualitas tinggi dan para pemuda/i tidak perlu terlalu bergantung untuk menjadi pagawai saja.
    3. Pemberdayaan Ekonomi
    a, Pusat perikanan terintegrasi (teknis, management maupun komersial) untuk meningkatan industri ikan mulai dari pengembangan biak, pemeliharaan, penangkapan, penjualan, pengawetn, pembuatan pangan, pembuatan produk ikan untuk dimakan, dst.
    b. Pengembangan industri laut lainnya seperti rumput laut
    c. Pusat maritim terpadu seperti pelatihan pemeliharaan mesin kapal, navigasi, kesadaran keselamat dan pengetahuan mengenai aturan-atran yang berlaku di dunia tersebut, Pengadaan lokakarya mengenai semua hal yang berhubungan dengan maritim termasuk perikanan dan kelautan.
    d. Pusat pertanian terpadu seperti pelatihan untuk petani cengkeh dan kelapa dan peningkatan tanaman lunak seperti sayu-sayuran, padi dll untuk mengurangi kebergantungan bahan pangan dari luar dan juga meningkatkan kesehatan dengan memakan gizi yang imbang..
    4. Dll.
    a. Energy alternatif; peninjauan terhadap kemungkinan dibuatnya sarana pembangkit listrik selain mesin diesel seperti tenaga surya, angin atau ombak.
    b. Sarana-sarana parawisata yang nyaman dan ramah lingkungan
    4. Peningkatan sarana budaya dan promosi yang terkait untuk meningkatkan minat parawisata sehingga menjadi suatu "paket" wisata bervariasi yang terdiri dari wisata dan olahraga bahari, cendera mata, budaya dan sejarah daerah Anambas.

    BalasHapus
  3. Demi perubahan saya sangat mendukung pembangunan di Kabupaten Anambas asalkan berdampak positif untk

    BalasHapus
  4. pada dasarnya pembangunan itu perlu dan pengembangan itu penting dan harus, NAMUN pembangunan harus tetap dibarengi dengan menjaga keanekaraman hayati dan pelestarian alam serta menjaga pesona alami anambas jangan sampai DIRUSAK. ANAMBAS adalah salah satu wilayah yg kaya akan pesona alamnya................so, lindungi dan jaga kealamian alam ANAMBAS. ANAMBAS JIA YOU !!!!!

    BalasHapus
  5. TOLONG DONG INFORMASI PENERIMAAN CPNS DI ANAMBAS tahun 2012.....thanx sebelumnya

    BalasHapus
  6. pengen tahu anambas? disini nih tempatnya..

    http://semua-ada-lho.blogspot.com/

    salam kenal ya mas admin

    BalasHapus
  7. Assm wr wb ...
    Bang Adies, untuk merealisasikan potensi pariwisata Anambas, perlu juga didasari aspek historis. Anambas dulu termasuk kawasan Kesultanan Johor-Riau, berbudaya Melayu yang sangat Islamis. Tempat pendatang seperti orang Bugis muslim, Bangsawan Cina yang mualaf.
    Saye punye ide, .. kita buat SIANTAN sebagai SERAMBI MEKAH Provinsi Kepulauan Riau. Jadikan Siantan Pusat Pendidikan Agama Islam se Asia TERPADU yang diintegrasikan ke dalam WISATA MINA BUDAYA MELAYU DAN PENDIDIKAN ISLAM ... Rencanakan sebuat kawasan indah di tepi pantai : tempat prasarana dan sarana wisata keluarga (termasuk keluarga peserta pendididikan), pusat pendidikan dan khusus area pengembangan budaya mina dan Melayu (seni dll) .. Dikelola dengan manajemen ekonomi syariah kerakyatan (anti kapitalis sekular).
    Untuk merealisasikannya, salah satu altrnatif :
    - mengkaitkan asal etnis, maksudnya di Anambas banyak penduduk berasal dari Borneo terutama yang bergelar AWANG DAYANG DAN ABANG. Bangsawan yang sangat dihormati dan dilestarikan oleh Kesultanan Brunei. Jadi bisa menggalang kemitraan dengan Sultan Brunei yang kaya ...
    - kegigihan masyarakat dan pemda Anambas, minta dana APBN (bantuan) ke pusat. Contoh, lihat orang Padang Sumbar, SDA relatih kurang, tapi dana dari pusat mengalir banyak. Mereka MENJOLOK DUIT secara profesional dan akademis ..

    Coba realisasikan ini wahai ANAK MUDA KREATIF ...

    Wass.. Abang Efran, (berketurunan dari Tarempa Siantan berasal dari Melayu Muntok Bangka)

    BalasHapus