Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By


Powered by Blogger

19 Juni 2011

BERKUNJUNG KE ANAMBAS ?

Kepulauan Anambas dikenal sebagai daerah dengan pantai-pantainya yang eksotik dan pulau-pulau kecil nan indah yang masih perawan. Namun pertanyaan yang kerap dilontarkan ke saya melalui blog ini ataupun lewat email pribadi adalah bagaimana mengunjungi gugusan kepulauan di laut China Selatan ini, apa saja objek wisata yang patut dikunjungi, serta bagaimana dengan akomodasinya. Lewat postingan kali ini akan saya coba mengulasnya secara singkat namun padat.

Jika posisi anda sekarang berada di Jakarta, anda bisa mencapai Anambas lewat beberapa alternatif. Anda bisa terlebih dahulu mengambil penerbangan ke Batam, dan dari Batam silakan mengambil hanya flight yang disedikan Sky Aviation tujuan Matak (Anambas). Penerbangan setiap hari Senin, Rabu, Jum'at dan Sabtu sekitar pukul 11.00 wib. Harganya tiketnya flat tarif sekitar 1 juta Rupiah. Dari Matak anda akan dijemput oleh minibus, kemudian naik ferry lebih kurang 30 menit ke Tarempa (Ibukota Kabupaten Kepulauan Anambas. Alternatif lain anda bisa ambil flight Jakarta-Tanjung Pinang(ibukota Provinsi Kepri), kemudian dari Tanjung Pinang anda naik ferry VOC Batavia tujuan Tarempa (Anambas), lama perjalanan kurang lebih delapan jam, dan berlayar ke Anambas setiap hari Senin dan Jum'at, dengan harga tiket sekitar Rp.300.000. Pilihan lainnya dari Tanjung Pinang (lewat pelabuhan Kijang) silakan naik KM.Bukit Raya (kapal Pelni berkapasitas 900 penumpang) tujuan Tarempa. Lama perjalanan kurang lebih 17 jam dengan harga tiket sekitar Rp.150.000,dan berlayar ke Anambas pada hari Sabtu setiap dua minggu sekali.

Mengenai objek wisata, jika anda menginginkan tema berwisata yang serba langkap dan ramai seperti di Bali atau Phuket, Anambas bukanlah tempat yang pas, tapi jika anda mengidamkan pantai-pantai putih bersih yang masih asri, atau keheningan yang menyejukkan hati serta kicau burung dan gemericik air terjun dengan bebatuan yang menantang, maka berkunjunglah ke Anambas.

Disini ada beberapa tempat menarik yang wajib anda kunjungi, diantaranya adalah pulau Durai, pulau yang hanya dihuni satu keluarga itu menawarkan alam yang menawan, di pulau yang ditetapkan sebagai kawasan konservasi penyu itu anda bisa mengintip penyu-penyu bertelur, atau ikut melepaskan tukit (anak-anak penyu) ke habitatnya. Selain pulau Durai ada juga pulau Penjalin dan pulau Temawan yang pasir pantainya bersih putih seperti tepung. Jika anda petualang yang cukup berani, berkemah di kedua lokasi itu adalah tawaran yang pas.

Tak jauh dari pusat kota di Tarempa, anda bisa mengunjungi air terjun Temburun yang bertingkat tujuh, suasana hutan sekitar yang masih perawan akan menambah ketakjuban anda pada alam Anambas. Tempat lain yang juga tak boleh di lewatkan adalah pulau Bawah. Pulau tak berpenghuni itu, menawarkan alam bawah laut yang memikat, anda bisa diving dan snorkeling sepuasnya. Jika menginginkan hamparan pantai panjang yang seolah tak habis sepanjang mata memandang, anda bisa mengunjungi pantai Padang Malang, di pulau Jemaja.

Capek bekeliling pulau, rehatkan saja diri anda didalam kota. Sewa motor atau ojek dan silakan meluncur ke Arung Hijau kira-kira hanya 20 menit dari Tarempa, nikmati hamparan laut China Selatan sambil menyeruput segarnya air kelapa muda, atau makan jajanan mpek-mpek dan bakso khas desa Tiangau. Jika anda ingin berenang di dermaga dengan suasana yang lebih privat jangan datang di hari Sabtu atau Minggu, maka nikmatilah hijau dan bersihnya air laut Arung Hijau tanpa malu ditatap pengunjung lain. Didalam kota kunjungi juga Masjid Jami'Baiturrahim dan Kelenteng/ Vihara Gunung Dewa Siantan, bangunan bersejarah yang menyejukkan dan membuat kita ingat bersyukur, dengan panorama laut yang indah.

Mau merasakan kuliner lokal, hmmm...tak usah risau kunjungi kedai kopi Mak Alang, tepat didepan pasar ikan Tarempa, sajian khasnya adalah Lakse yang terbuat dari sagu yang dibentuk seperti mie instan dan dimakan bersama kuah kental dari ikan dan rempah-rempah khas. Sila santap bersama cekong, minuman khas dari kacang tanah. Kunjungi juga Loka untuk memenyantap mie goreng khas Tarempa, pesan mie goreng basah dengan cabe jeruk, hmm..rasakan kekhasannya. Kalau mau sajian yang lebih komplit boleh mampir di RM.Siantanur, atau kafe Laluna.

Seperti saya tulis diatas, di Anambas meski objek wisatanya indah, tapi hingga kini belum ada paket tur di kawasan ini. Jadi jika anda ingin berkunjung ke Anambas saya rekomendasikan untuk datang bekelompok 4-5 orang, karena akan memudahkan anda serta membuat biaya lebih irit karena anda harus menyewa spead boat secara privat. Untuk mendapatkan informasi mengenai hotel, rental spead boat, atau motor, tak perlu risau. Tarempa kotanya kecil, cukup dengan dengan berjalan kaki dan cari kedai kopi terdekat, macam ragam informasi bisa diperoleh disana, atau tanyakan saja pada resepsion hotel atau tukang ojek tak jauh dari pelabuhan laut. Selamat berkunjung, selamat mencoba...

64 komentar:

  1. Assalamualaikum.ww.

    Perkenalkan saya dr wahyu Posisi di Jakarta, Bagus sekali informasi ini. Saya tertarik untuk mejalani penugasan dari Depkes untuk pelayanan Spesialis Bedah untuk DTPK (Daerah Terpencil Perbatasan dan kepulauan) di Kabupaten Kepulauan Anambas KEPRI. Kalau bisa mohon informasi lebih terperinci tentang:
    1. rute perjalana yang bisa ditempuh dari Jakarta untuk menuju RSUD Anambas (PP).
    2. Lama perjalanan dan estimasi biaya dari Jakarta untuk menuju RSUD Anambas perjalanan.
    3. Alamat RSUD Anambas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas KEPRI.
    Terimakasih atas bantuannya.


    Btk

    dr Wahyu R

    BalasHapus
  2. Wass. Terimakasih dr.Wahyu jika anda tertarik untuk bertugas di Anambas. Saya pikir mmng saat ini Anambas sdang butuh dokter bedah. Mngenai pertanyaan anda :
    1-2.Saya sarankan anda ambil saja penerbangan dari Jkt-Batam. Hrga tiket kurang lebih Rp.400-600rbu,nginap dulu disana 1 mlm,di daerah Nagoya byk hotel yg murah2 tp bersih, dr Batam nnanti anda ambil fligh tujuan Matak,hrga tiket kurang lebih Rp.1.020.000. Coba telp no ini untuk jadwal pnerbangan dan pemesanan tiket Rudi,081276224549.
    3.Mngenai almat RSUD Anambas,syangnya kmi blm punya RSUD yang ada RSL.Almatnya berada di Matak, tak jauh dr Air port Matak.Kalo Dinas Kesehatan, almatnya Jl. Tamban,Tarempa.Anda hrus naik spead boat/ perahu motor milik masyarakat, tnang saja jadwal keberangkatannya bisa sampai 3X sehari.

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas informasinya.

    BalasHapus
  4. Terimakasih informasinya. Sy sudah googling. Anambas bagus sekali.. Info Anda juga sgt membantu. Seandainya ditambah dgn foto2 di sebelah keterangannya, pasti tambah ngiler ingin ke anambas. Tahun dpn sy pasti akan ke Anambas (harus nabung krn biaya-nya relatif mahal).. Wass

    BalasHapus
  5. Ass. Pak..
    Baru saja sy dapat info kalau Ferry dr Tj. Pinang sudah tidak ada lg ke Anambas. Benarkah?
    Opsinya harus naek pesawat ke natuna?

    BalasHapus
  6. Wass, sampai hari Rabu kemarin ferry masih beroperasi spt biasanya, karena kebetulan ada keluarga yang baru datang dari Tanjung Pinang. Memang di musim Utara spt skrg dimana ombak relatif lebih tinggi, kadang dihari2 tertentu ferry tidak mendapat izin berlayar, tetapi ferry akan kembai beroperasi bila cuaca memungkinkan. Selain ferry ada juga KM.Bukit Raya kapal Pelni berkapasitas 1500 penumpang, kapal ttp beroperasi walau ombak besar.
    Kalo mau naik pesawat tidak perlu lewat Natuna, tapi bisa langsung ke Matak. Terimakasih...

    BalasHapus
  7. asslm wrwb..
    lama tak berkunjung semoga sehat selalu
    oh ya...sering naik bukit raya ya ?
    rencana sya mau ke pontianak
    dr pontianak ke - tj pinang mau naik bukit raya
    mau ambil kelas 1..
    sudah pernah liat fasilitas di kelas 1 ?
    ditunggu infonya..thanks

    BalasHapus
  8. assalamualaikum wr. wb

    Salam Kenal
    nama saya Tumirah....
    saya tinggal di Batam.

    Bagus bgt ya kepulauan Anambas.......

    Wassalam

    BalasHapus
  9. aook..kesoy gok jln kaki kot trempak tok wlaupon kecik kota die..

    BalasHapus
  10. Biaya charter speedboat dari Tarempa ke berbagai pulau di Kepulauan Anambas terutama Pulau Bawah berapa ya?


    Terima Kasih,
    Riz

    BalasHapus
  11. Mau kirim alat sekolah ke Tarempa tujuan Antang, bingung nih. Ada info kapal carteran dari Jkt? KM. Bukit Raya cuman berhenti 2 jam yah?

    BalasHapus
  12. mohon info jadwal,biaya dan nomor telpon kapal dari matak ke Batam / Tanjung pinang.
    terima kasih

    BalasHapus
  13. putri

    boleh minta tolong alamat email yang bisa di hubungi,ada yang mau saya tanyakan lebih lanjut mengenai anambas..alamat email yang ada tdk bisa di contact,,selalu tidak terkirim...terima kasih

    BalasHapus
  14. Maaf Putri, baru dibls sekarang. Email saya bisa di contact di alamat dieztra@yahoo.co.uk (email tersebut aktif)

    BalasHapus
  15. Assalamu'alaikum.
    Salam kenal dari kota Pontianak.
    Menarik sekali membaca mengenai kepulauan anambas, penasaran ingin segera berkunjung,jika boleh ingin dapat tinggal dan menjadi warga di sana.

    BalasHapus
  16. Wa'alaikum salam WR WB, Salam kenal kembali. Anambas selalu terbuka untuk siapa saja yang mau datang dan bekerja disini.

    BalasHapus
  17. Perkenalkan nama saya hendra renaldo,tinggal di pekan baru riau,
    saya mau nany informasi tentang lowongan buat perawat anestesi(bius) di RSL di kepulauan anambas.
    klw ada untuk penerimaan itu,,saya mengharapkan informasi dr bapak putra anambas di no,HP 085271777103
    terima kasih.

    BalasHapus
  18. asskum,,,saya mahasiswa biologi yg akan melakukan penelitian di anambas,,,,,,,terima kasih infonya,,,lam kenal j

    BalasHapus
  19. Setelah membaca artikel wisata tentang P. Anambas, saya tertarik untuk berlibur ke sana. Mudah-mudahan tahun depan bisa.

    BalasHapus
  20. salam bahari, buat yang berada di Pontianak, jika anda ingin brkunjung ke Anambas, anda dapat menghubungi Saya di 085654444087. saya warga anambas yang kuliah di Untan, sekarang masih di Pontianak... atau add fb saya di putrabattleship@gmail.com atau putraconstantine@gmail.com.
    salam kenal
    Putra.

    BalasHapus
  21. mohon maaf jika kurang berkenan,, saya dari jakarta.
    mohon pemberitahuan tips trip ke pulau anambas via darat non flight caranya sperti apa ya

    BalasHapus
  22. Mohon infonya, samapai sekarang masih belum ada tour travel ya bang disana? Ada resensi harga dan jam jam ferry antar pulau di anambasnya? Kalau motel/hotel disana berapaan ya? Mohon dibalas, tks

    BalasHapus
  23. itu yg nanya mau ke "pulau" anambas via darat non flight maksudnya apa ya?
    klo darat yg di maksud pakai kendaraan seperti motor dan mobil berarti hanya tuhan yang tau :p atau klo JSS sdh dibangun, jembatan batam, pinang dan daratan sumatra dibangun, kemudian jembatan pinang ke anambas di bangun mungkin baru bisa.
    setau saya belum ada feri penyebrangan yang bisa memuat mobil dari daratan sumatra ataupn batam dan pinang menuju ke anambas. lagian mobil di anambas bisa di itung jumlahnya :p
    #no offense :)
    from anonim to anothers anonim

    BalasHapus
  24. Permisi,mau nanya untuk menuju pulau-pulau sekitar anambas itu biasanya naik apa ya? Apa harus sewa speed boat ato mungkin ada kapal-kapal umum yg biasa dipakai sama orang2 sana?

    Sekalian dengan perkiraan harga sewa ya. Thx

    BalasHapus
  25. Sdr. Adies, trimakasih atas infonya. Minggu lalu istri saya coba ikut tes PNS di KKA. Klw memang rejeki kita seklg ada di Terempa, besar sekali kemungkinan seklg hijrah ke sana. Mudah2an kita bisa berjumpa.
    Bicara soal alam Terempa, salah satu hobi saya mendengar kicau burung2. Apa ada kira2 burung murai batu di sana? Sorry subjeknya agak miring sedikit.
    Wassalam
    A. Fadila (Pkpinang-Babel)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assm wr wb ..sedare A. Fadila ...
      ape kabar ikak ? .. Abang ni lahir di Pengkal, keturunan Mentok .. Name ka "A" singkatan ape ? ..Wah ngiri bener abang ni, men ikak pacak diem di Tarempa .. Tanah impian abang, ntah sebile pacak kesanen ..
      La minta tulong kik bang Adies ni, untuk menelusuri asal usul "Abang Yang", tapi lom ade jawab a ...
      Kini a A. Fadila ade di mane ? Ade no hp dak ? No HP abang : 08127536922 .. Diem di Pekanbaru.

      Wass Abang Efran

      Hapus
  26. Perkenalkan saya sopian Posisi di Jakarta, Saya mendapat tugas dari kementiran PDT untuk installasi lab komputer di desa nyamuk di Kabupaten Kepulauan Anambas KEPRI. Kalau bisa mohon informasi lebih terperinci tentang:
    -rute perjalanan yang bisa ditempuh dari Jakarta untuk menuju desa nyamuk

    Terimakasih atas bantuannya.


    sopain

    BalasHapus
  27. Terima kasih, ini info penting.
    InsyaAllah awal November saya ke Anambas...

    BalasHapus
  28. Assalamu'alaikum, sy edwar alamat di batam, sy dan teman2 ada rencana mau mengadakan pameran di anambas, tolong informasinya untuk pengiriman barang kesana, dan juga informasi terkini tentang jadwal ferry ke anambas, terima kasijh

    BalasHapus
  29. kalau saya dr sumut medan rutenya bagai mana? n tolong rincikan biayanya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalur Udara : Medan - Batam , dari Batam ke Tanjung Pinang ( Ferry Rp. 40.000,- ) - Pinang - Anambas ( Rp. 300-an ) sampai Tujuan Dhe !!! untuk Lebih jelasnya Hub. Agen Ferry ( Batam,Tanjung Pinang )

      Hapus
  30. jadwal kapal dari tanjung pinang k anambas nya kapan aja ya...?

    BalasHapus
  31. bagi yang mau tahu lebih jelas tentang pelayanan kesehatan anambas bisa langsung disini aja..
    http://semua-ada-lho.blogspot.com/2012/03/peningkatan-kesehatan-masyarakat-di.html

    BalasHapus
  32. saya budi dari batam, saya mau ke anambas hari senin tapi terpaksa melalui natuna karena penerbangan ke matak hanya ada di hari rabu. bagaimana cara tercepat untuk tiba di anambas dari natuna dan barapa biayanya? terima kasih

    BalasHapus
  33. Saya Emil,apakah RSL anambas punya email..bila memang ada bisa di share? tx

    BalasHapus
  34. ass..

    mohon informasinya pak mengenai oleh2 apa saja yang yang khas anambas atau kelurahan ATang Tengah, saya ada rencana mau melakukan pengadian masyarakat di kelurahan tsb, kepada siapa saya dapat menghubungi sesorang mengenai kegiatan abdimas kami tersebut.. trimaksih

    salam
    Yudy S.

    BalasHapus
  35. Assalamu'alaikum, saya mau tanya, katanya disana ada kapal yang bisa dipergunakan untuk keliling pulau dan tidurnya pun di kapal tersebut

    Kira2 dimanakah informasi mengenai hal tersebut bisa saya dapatkan?

    BalasHapus
  36. M@di_BanjarmasinSenin, 12 Agustus, 2013

    Rata-rata tarif hotel disana brp? ada hotel yg menyediakan paket tour ga?

    BalasHapus
  37. ass...
    mohon infonya kalau saya dari kalimantan barat saya ingin pergi ke anambas menggunakan jalur air atau kapal rute yang saya harus tempuh dari mana? mohon info nya mas penting...

    BalasHapus
  38. Assalamualaikum...kalau dari pekanbaru ke anambas..biaya transpornya brapa bg ya?rute-rute nya dimana2 aja?

    BalasHapus
  39. @Panji: Saya asumsikan Anda berangkat tgl 1 Oktober 2013. Berangkat dari Pekanbaru (PKU) -ke- Tanjungpinang (TNJ) by SKY Airlines = Rp. 550.000/org (fleksibel), Kemudian dari Tanjungpinang - Letong(transit)-Tarempa by ferry = Rp. 302.000/org (anak-anak < 12 thn = 1/2 harga) sekitar 8-9 jam. Untuk jadwal ferry dari Tanjungpinang, setiap hari Senin, Rabu, Jumat pkl 07.00 pagi.

    Alternatif lain bisa dari Pelabuhan Batam, Kijang, atau Pesawat sky dari Tanjungpinang - Matak.. Tapi informasi harga tidak tau.

    BalasHapus
  40. pak saya asal dari palembang sumatera selatan, saya mau ke tarempa kabupaten anambas, mau tanya rute perjalanannya. kalau sudah sampai bandara batam, saya mau naik fery. tolong jelaskan rute bandara batam ke pelabuhan tanjung pinang. berapa biaya perjalanannya? terimakasih

    BalasHapus
  41. anambas I am Commiiiiiiiiiing

    ^_^) I Love Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senangnyaa...
      Transportnya apa aja bro...

      Hapus
  42. Gan . Kalau misalnya sudah sampai di tarempa trus mau keliling pulau pulau harus sewa kapal ya ?
    Kira" harga sewanya berapa ya ?

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. Salam,, saya dari pekanbaru, Tolong infonya, kalau dari pekanbaru ke Pinang bagusnya via Buton apa Via Tembilahan? trus infokan jadwal fery di buton donk, trus fery Pinang-anambas, terimakasih, Insyaallah akhir tahun saya ada rencana ke anambas :)

    BalasHapus
  45. harga sewa speed boat di anambas tuk keliling pulau kecil sekitaran berapa ya?

    BalasHapus
  46. Assalamualaikum.... salam kenal pak, tolong infonya harga tiket bukit raya tanjungpinang ke letung.. mau ambil kelas 1, t.kasih.. wss..

    BalasHapus
  47. ada yang tau seputar info penyewaan speedboat di Anambas? makasih :)

    BalasHapus
  48. terima kasih atas infonya

    BalasHapus
  49. saya dapat tawaran join teman :
    tj.pinang-anambas-natuna-batam

    sepertinya anambas lebih menarik daripada natuna ya?
    kalau dive memang lebih ok natuna.
    boleh info, kalau dari jakarta sebaiknya paling efisien waktu dan biaya menuju mana y kalo mau ke anambas?

    terimakasih.

    BalasHapus
  50. Bro, saya pengen berkunjung ke anambas, sekalian menepati janji kepada anak saya..
    Apakah sudah ada tour and travel yang mengatur paket tour disana ?
    Mohon infonya.
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kunjungi lapak ini http://m.kaskus.co.id/thread/5365fe49c1cb17684b8b46b0/paket-berwisata-ke-kepulauan-anambas--murah-amp-terpercaya

      Hapus
  51. Halo mas...
    Salam kenal...
    Sy octa dr jkt...dan rencana mau ke anambas dlm wkt dekat..
    Tp sky aviation sdh tdk dinyatakan bangkrut, jd ke sananya hanya bs menggunakan feri dr tj pinang yah?
    Atau mas ada info maskapai baru pengganti sky aviation tsb?

    Trm ksh sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang sudah ada pesawat Nusantara Air yang dikelola oleh Perusahaan Daerah Anambas
      Bisa dilihat link dibawah ini http://m.kaskus.co.id/thread/5365fe49c1cb17684b8b46b0/paket-berwisata-ke-kepulauan-anambas--murah-amp-terpercaya

      Hapus
  52. Halo mas,
    salam kenal,
    Nama saya Evi dari Jakarta.
    kalo naik pesawat ke Singapore kemudian nyebrang ke Anambas bisa gak mas?

    thx buat info dan balasannya

    BalasHapus
  53. Asslmkm, salam kenal Mas
    Saya Slamet dari Pekanbaru
    boleh tahu, apakah masih ada penerbangan dari Batam/Tj Pinang ke Matak? rencananya awal bulan depan saya ada tugas ke Tarempa? bila tidak ada fligh, kira2 pilihannya naik Fery ya Mas?
    terima kasih

    BalasHapus
  54. Perkenalkan saya jay. Tanggal 1 juni saya mau ke anambas untuk tugas. Saya dari solo. Kira kira apa yg hrs saya persiapkan sejak di solo, yg mungkin di anambas sulit siperoleh? Terimakasih

    BalasHapus
  55. Mohon infomasi jalur apa yang digunakan untuk ke letung. terima kasih..

    BalasHapus
  56. Perkenalkan saya indra, saya berasal dari medan. saya ingin menayakan infomasi jalur apa yang digunakan untuk ke letung/areal bandara letung. atas bantuannya saya ucapkan terima kasih..

    BalasHapus
  57. Hi,
    Nurizam dari Batam
    Seorang "angler"
    Pecinta olah raga mancing
    Mohon info spot pancingan disana, jenis ikan, jenis karang, fasilitas kapal sewaan, biaya sewaan, akomodasi dll.
    Jika memadai, biasanya kami datang dalam tim kecil 3-6 orang.

    Terima kasih

    BalasHapus