17 Februari 2011

GOBANG, TARIAN "BUNIAN" DARI JEMAJA

Sama halnya dengan warga daerah lainnya di Kepulauan Riau yang memiliki kesenian khasnya tersendiri, Kecamatan Jemaja juga demikian. Wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas yang letaknya paling jauh itu juga memiliki kesenian khas yang dinamai Gobang.

Gobang adalah tarian yang bertumpukan pada gerakan kepala dan kaki, dengan alunan musik dan nyanyiannya yang khas, yang dilakukan oleh 8-10 pria bertopeng atau menggunakan berbagai macam pakaian seolah makhluk dari dunia lain.

Kesenian gobang konon berasal dari makhluk bunian, yang kemudian dibawa kealam nyata oleh salah seorang anak manusia yang pernah tersesat di hutan. Ada juga yang mengatakan bahwa gobang awalnya adalah kesenian suku laut yang biasa dimainkan kala mereka singgah di pulau Jemaja.

Pertunjukkan gobang biasanya dipertontonkan hanya pada hari-hari tertentu, misalnya ketika acara pesta perkawinan, perayaan hari kemerdekaan, atau pada acara pentas seni dan kebudayaan daerah, baik yang diselenggarakan di kabupaten Kepulauan Anambas, maupun yang diselenggarakan di ibukota Provinsi Kepulauan Riau, yang pasti gobang biasanya selalu dimainkan pada malam hari...huu...seureum...

4 komentar:

  1. letak lah vidio nari the,, masag gombo the aje ,,, mane ah seru ,,,

    BalasHapus
  2. Kalau letak video narinya nanti terlalu berat, susah buat dibuka pengunjung.

    BalasHapus
  3. bos............tolong donk muat tentang sejarahnye....





    trims...
    iphoy di terempa

    BalasHapus
  4. Maksudnya sejarah ape? kalau sejarah Gobang, diatas sdh saye singgung sedikit, referensi lengkapnye saye blm punye, mohon di share kalau ade.

    BalasHapus